Breaking News

Yuk Kenali Penyebab Mata Minus dan Makanan untuk Menutrisi Mata!

Yuk-Kenali-Penyebab-Mata-Minus-dan-Makanan-untuk-Menutrisi-Mata!

Mata adalah salah satu organ tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan sehat, perilaku kita sehari-hari juga harus diperhatikan. Apakah akan menimbulkan risiko menurunnya kinerja mata, atau tidak. Jangan sampai mata mengalami minus hingga akhirnya mau tidak mau Anda harus memakai kacamata. Namun jika mata terlanjur minus, sebaiknya Anda segera memakai kacamata khusus dari Optik Melawai.

Biasanya, gangguan pada mata ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam melihat objek secara jelas. Jika mata normal bisa dengan mudah melihat objek yang jaraknya dekat atau jauh dengan jelas, maka pada mata yang mengalami penurunan fungsi justru sebaliknya. Dari segi medis hal ini disebabkan adanya gangguan refraksi sehingga objek yang ada di depan mata terlihat kabur.

Penyebab Mata Minus


Agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, Anda perlu mengetahui lebih dulu apa saja yang menyebabkan mata menjadi minus. Lebih lengkapnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Terlalu lama menatap layar komputer, smartphone atau buku

Tidak dipungkiri jika saat ini kebanyakan pekerjaan membutuhkan perangkat seperti komputer atau smartphone. Sayangnya, ketika durasi menatap layar terlalu lama, maka mata akan berisiko mengalami gangguan. Terlebih jika Anda tidak rajin memakai kacamata radiasi saat bekerja atau beraktivitas dengan gadget tersebut.

Selain kebiasaan menatap layar komputer dan smartphone, kebiasaan membaca buku juga bisa menjadi penyebab mata minus. Yang menjadi masalah di sini bukanlah kegiatan membaca itu sendiri, melainkan caranya. Misalnya, ketika Anda membaca buku di tempat yang minim cahaya, mata akan bekerja lebih keras untuk bisa membaca rangkaian huruf pada buku. Anda akan semakin mendekatkan mata pada tulisan, dan jika kebiasaan tersebut terus berulang bisa membuat mata menjadi minus.

2. Genetik

Berbeda dengan poin nomor satu yang masih bisa diupayakan untuk dicegah dan dihindari, pada poin kedua ini bisa dibilang sulit untuk dihindari. Ya, penyebab mata minus karena genetik ini biasanya ditandai dengan rabun jauh. Rabun jauh ini seringnya dialami karena diturunkan dalam keluarga.

Jadi, apabila orangtua Anda mengalami mata minus, maka Anda juga berisiko mengalami rabun jauh.


Makanan untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata


Selain memakai kacamata dari Optik Melawai, ada baiknya Anda mengimbangi proses penyembuhan mata minus dengan makanan-makanan yang disarankan berikut ini.

1. Wortel

Mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar nasihat untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizinya yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye ini memiliki kandungan beta-karoten yang berperan membantu meningkatkan fungsi indra penglihatan.

2. Kacang-kacangan

Tidak hanya enak dijadikan camilan, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Kenari, pistachio hingga almond sangat cocok dipilih menjadi camilan menyehatkan. Kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

3. Ikan

Seperti yang sudah diketahui selama ini, ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang membantu melumasi mata agar risiko mata kering bisa dihindari. Selain bisa membantu mencegah mata kering, mengkonsumsi ikan secara rutin juga bisa menurunkan risiko penyakit katarak maupun degenerasi makula. Ikan yang bisa dijadikan pilihan adalah ikan tuna, salmon, makarel atau sarden.

Demikianlah informasi seputar penyebab gangguan mata seperti mata minus beserta makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata yang perlu Anda tahu. Organ tubuh bagian mana pun memiliki hak untuk dijaga dengan baik. Oleh karena itu, jika saat ini Anda terlanjur mengalami mata minus, upayakan untuk segera melakukan penanganan. Selain harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata, pastikan Anda juga memakai kacamata berkualitas seperti yang disediakan Optik Melawai.

No comments