Breaking News

Manfaat Konsumsi Vitamin Ibu Menyusui


Menjadi ibu hamil dan ibu menyusui adalah peran yang tidak mudah. Kebutuhan nutrisi untuk keduanya lebih extra dibandingkan dengan ibu-ibu yang tidak hamil atau tidak menyusui. Ibu hamil dan ibu menyusui harus memahami berbagai cara untuk menjaga badan supaya tetap fit. Mengonsumsi vitamin merupakan salah satu hal wajib untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Inilah manfaat konsumsi vitamin ibu menyusui.

1. Meningkatkan Produksi ASI

Asi merupakan sumber energi utama bagi bayi yang baru lahir dan belum mengenal makanan lainnya. Sebagai ibu memenuhi kebutuhan sang buah hati adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Untuk produksi asi yang mencukupi ibu menyusui wajib dan diharuskan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi. 

Tak hanya makanan bergizi, konsumsi suplemen dan vitamin juga diperlukan untuk ibu selama masa menyusui. Baik vitamin maupun makanan harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan seimbang. Pemberian asi yang mencukupi dapat mencegah agar si kecil tidak mudah terserang penyakit.

2. Mencegah Anemia

Penyakit adalah satu hal yang selalu dihindari oleh manusia. Apalagi ibu yang sedang dalam masa menyusui. Mengkonsumsi vitamin adalah salah satu upaya ibu untuk menghindari penyakit. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang membantu ibu menyusui menjaga kesehatan si kecil dan kesehatannya sendiri. Anda harus waspada, kekurangan vitamin khususnya vitamin A dapat mengakibatkan si kecil mengalami anemia. Anemia dapat diketahui dengan tanda-tanda tertentu seperti, letih dan lesu yang dialami oleh si kecil.

3. Agar Bayi Cerdas

Pada umumnya hampir semua orangtua memiliki harapan dari setiap anaknya. Anak yang cerdas biasanya menjadi kebanggan keluarga. Tumbuh dan kembang si kecil yang baik mulai dari janin hingga lahir tak boleh lepas dari pemberian gizi dan nutrisi yang seimbang. Tentunya pemberian vitamin untuk ibu hamil dan ibu menyusui tidak boleh dianggap sepele. 

Pada dasarnya asi sudah memiliki kandungan zat gizi penting yang dibutuhkan si kecil. Konsumsi vitamin dilakukan untuk tujuan meningkatkan jumlah kandungan vitamin didalam asi agar tumbuh kembang si kecil maksimal. Asam folat merupakan jenis vitamin yang wajib dikonsumsi untuk ibu menyusui. Asam folat berperan sangat penting dalam perkembangan otak bayi dimana zat ini membantu memperluas fungsi otak.

Mengkonsumsi vitamin B1 bagi ibu menyusui dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. Vitamin B1 dapat diperoleh dari bayam kacang-kacangan dan telur. Vitamin B1 yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat menjadi sumber energi si kecil yang diperoleh melalui asi.

4. Menjaga Kesehatan Ibu dan Si Kecil

Seperti kata pepatah sehat itu mahal harganya. Tak hanya sehat, kebutuhan vitamin yang tercukupi akan membuat pertumbuhan si kecil berjalan seperti sebagaimana mestinya. Karena bayi yang baru lahir sangat bergantung dengan asi maka sang ibu yang harus memastikan bahwa asupan yang dikonsumsi cukup untuk menjaga kesehatan si kecil. 

Sayuran, susu, hingga jamur adalah beberapa jenis dari sekian jenis makanan yan perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan si kecil yang diperoleh melalui asi. Makanan tersebut mengandung vitamin B12 yang berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel sehingga kesehatan tubuh bayi terjaga.

5. Menambah Nafsu Makan Ibu Menyusui

Pastikan ibu menyusui tidak sembarangan memilih produk vitamin yang banyak bebas dijual di pasaran Dalam memilih vitamin Anda harus berhati-hati dan memperhatikan kadar kandungan didalamnya. Vitamin yang memiliki sejuta manfaat akan merugikan apabila Anda tidak mengkonsumsi dengan tepat. Mengkonsumsi vitamin jenis colostrum dengan dosis yang tepat berfungsi menambah nafsu makan ibu menyusui sehingga produksi asi berkualitas dan mencukupi kebutuhan si kecil.

Nah, itulah beberapa manfaat konsumsi vitamin ibu menyusui. Pastikan si kecil tercukupi kebutuhan gizinya. Silahkan dicek hanya di www.blibli.com terdapat beberapa merek produk vitamin khusus untuk ibu menyusui.

No comments