Breaking News

Speedometr Anda Sering Mati? Ketahuilah Penyebab dan Solusi nya

Speedometer motor mati? Permasalahan ini benar-benar seringkali berlangsung, dari mulai motor matic, bebek, sampai motor sport. Speedometer ialah alat pengukur kecepatan pada kendaraan, piranti ini adalah salah satunya peralatan standard untuk kendaraan bermotor, manfaatnya supaya pengendara tahu kecepatan kendaraannya waktu mengemudi hingga bisa mengendalikannya.

Type speedometer pada motor ada 3 jenis, yakni:

Speedometer mekanis

Langkah kerja speedomater mekanis umumnya memakai roda depan jadi referensi untuk tahu kecepatan, yakni dengan menggubungkan piranti speedometer serta sumbu roda memakai satu kabel spesial, saat roda berputar-putar karena itu ujung kabel turut berhubungan hingga bisa menggerakan jarum speedometer.

Speedometer elektronik

Pengukur kecepatan yang satu ini kerja memakai sensor yang umumnya ditempatkan pada kutub penggerak pada kendaraan, sensor itu bisa menjumpai berapakah jumlahnya putaran kutub, seterusnya di lanjutkan ke speedometer lewat satu piranti pembaca sensor yang nanti diproses serta bisa disaksikan oleh pengendara, entahlah itu analog atau digital.

Speedometer GPS

Skema speedometer GPS ini lebih hebat, dengan memakai pergantian koordinat kendaraan waktu meluncur selanjutnya diproses hingga membuahkan kecepatan kendaraan, data koordinat diperolah dari satelit. Keunggulan memakai skema GPS ini bisa kurangi jumlahnya kabel yang dipakai, hingga kendaraan lebih rapi.

Kesempatan ini jagatotomotif akan mengulas pemicu serta langkah menangani speedometer motor yang mati, speedometer yang akan diulas yakni speedometer mekanis, sebab sejumlah besar kendaraan roda dua di Indonesia masih memakai speedometer mekanis.

Saya sendiri jadi penulis pernah alami permasalahan speedometer mati, sampai tulisan ini dibikin speedometer yang saya pakai masih rusak,hehe. Peristiwanya dahulu motor pernah rubuh serta tidak lama kemudian speedometer mati, entahlah waktu insiden itu speedometer terbentur ataukah tidak saya kurang memerhatikan sebab tidak terpikirkan jika pada akhirnya speedometer rusak, telah dibawa ke bengkel sah tuturnya suruh ubah baru harga 400rb apa 500rb saya lupa, tetapi tidak saya ubah sebab mahal,hehe

Umumnya narasi, langsung inilah pemicu serta langkah melakukan perbaikan speedometer motor mati:


Kabel speedometer

  • Cek kabel speedometer, umumnya yang tersambung dari speedometer ke sisi gearbox speedometer pada sumbu roda depan, cari info apa kabel putus atau rusak, juga bisa karena disebabkan kabel tertekuk atau tertarik.
  • Kabel berkarat dapat juga jadi pemicu speedometer mati, coba bebaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban, serta tari kabel sedikit serta berhati-hati, bila cocok anda tarik terganggu serta ada karat mungkin dikarenakan ada air yang merembes dalam atau umur kabel telah kedaluwarsa selekasnya ubah kabelnya, bisa saja ini sebabnya.

Gearbox speedometer

Buat yang belum, tahu gearbox speedometer ini ada pada sumbu roda depan, yang menyambungkan kabel dengan roda, manfaatnya untuk menyalurkan tenaga dari roda ke kabel entahlah berputar-putar atau berubah. Permasalahan yang seringkali berlangsung pada gearbox ialah:

  • Saat pemasangan gearbox kurang cermat hingga tidak cocok, ini bisa mengakibatkan saluran tenaga dari roda tidak teralirkan seutuhnya ke speedometer, hingga speedometer mati.
  • Gearbox alami pecah atau reta, bisa dikarenakan bentrokan keras.
  • Gearbox telah aus atau telah kedaluwarsa, coba cek gigi di dalam gearbox apa telah terkikis jadi kecil atau belum, bila telah terkikis selekasnya ubah yang baru.

Speedometer

Bila tidak ada permasalahan pada kabel serta gearbox, bisa saja speedometer anda yang memiliki masalah, misalnya:

  • Umumnya gear terlepas atau rusak
  • Per yang bermanfaat untuk menggerakkan jarum patah
  • Jarum pada speedopeter terganggu
  • Sisi dalam speedometer berkarat

Seperti pengalaman yang saya katakan barusan, mungkin speedometer pada motor saya rusak di dalamnya, soalnya saat digunakan untuk berkendara keluarkan bunyi seperti ada gear yang terlepas serta jarum tidak bergerak, kemudian saya cabut kabelnya supaya tidak keluarkan bunyi , tetapi ya speedometer masih mati.

Bila telah sisi peranggat speedometernya yang rusak maka susah untuk diperbaiki, pendapat saya ialah mengubah speedometer dengan yang baru, atau jika tidak bawa serta dahulu ke bengkel yang paling dipercaya yang kira-kira bisa mengatasi permasalahan speedometer itu.

Itu pemicu serta langkah melakukan perbaikan speedometer motor mati atau rusak mudah-mudahan rekan-rekan dapat terbantu, terima kasih.

No comments