Breaking News

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Wiper Konvensional dan Frameless


Di Market ada dua type wiper, yaitu wiper frameless serta type konvensional. Bagaimana performnya dalam mengusap air waktu hujan, ketahanan serta harga? Baca kelebihan serta kekurangan dari wiper frameless serta konvensional di bawah ini

Visibiltas waktu mengemudi jadi hal yang penting waktu berkendara pada musim hujan. Tetapi visibilitas dapat terusik karena pemakaian wiper yang keadaannya tidak maksimal. Mengakibatkan juga dapat fatal, karena dapat mengundang celaka. Hingga, penting buat Anda untuk kenal lebih dekat wiper, berikut macamnya yang ada di market, supaya manfaatnya jadi penyeka air di kaca depan waktu hujan bisa maksimal.

Dengan konstruksi, ada dua type wiper yang ada di market, yaitu wiper type frameless serta wiper konvensional (dengan frame). Pertama ialah mode frameless alias tanpa ada rangka atau besi penyangga. Keunggulan wiper frameles ialah kekuatannya dalam menyapu air bertambah cepat karena mempunyai berat yang lebih mudah melalui bentuknya yang tidak mempunyai rangka. Diluar itu, kelebihan wiper type frameless yang lain ialah “Karena tidak ada frame, karena itu wiper frameless tidak berkarat serta penampilan mobil juga semakin lebih sederhana,” tutur Cahyadi Putra, punggawa gerai aksesories Graha Mobilindo di Kalimalang, Jakarta Timur.

Design yang kelihatan lebih kekinian bukan bermakna tanpa ada kekurangan. Wiper frameless yang dibikin tanpa ada kerangka besi dipandang tidak kurang baik dari wiper konvensional untuk masalah kekuatannya dalam menyapu air. Lebih karena bersamaan umur, wiper type frameless jadi kurang maksimal karena cuma sisi tengah saja yang kuat mendesak kaca. Hal itu turunkan kekuatannya dalam menyapu air dengan selesai serta jadi kekurangan wiper type frameless. Diluar itu, Anda harus keluarkan kocek lebih dalam untuk beli wiper type frameless. Bila wiper mode konvensional mempunyai kisaran harga Rp 50 – Rp 150 ribu, karena itu mode wiper frameless dihargai hampir 2x lipatnya, yaitu sekitar Rp 100 - Rp 300 ribu, bergantung brand serta ukurannya.

Berubah ke wiper konvensional yang masih memakai besi atau frame mempunyai beberapa keunggulan. Kelebihan pada wiper type konvensional yang masih memakai besi atau frame ialah tekanannya pada kaca yang lebih terbangun karena konstruksi rangkanya. Hingga sapuan wiper type konvensional lebih rata di semua bilahnya untuk waktu lebih lama. Harga wiper konvensional dengan frame ini biasanya tambah murah daripada wiper type frameless, yaitu sekitar dari Rp 50 ribu sampai 200 ribu.

Tetapi kekurangan dari wiper konvensional dengan frame, ialah Anda butuh perhatian lebih untuk mengeringkan bilah wiper tiap habis membersihkan mobil. Maksudnya, supaya tidak mengundang karat yang akan mengganggu kerja wiper serta mengakibatkan kerusakan penampilan mobil. Diluar itu, keadaan karet pada wiper konvensional harus dijaga supaya tidak rusak atau terkoyak. Sebab bila sampai rusak atau terkoyak, besi frame di kuatirkan akan bergesekan pada kaca depan serta memunculkan baret yang membuat visibilitas serta estetika mobil Anda terusik.

No comments