Breaking News

Enam Tips Menangani Knalpot Yang Sering Mengeluarkan Bunyi Tembakan



Suara “nembak” pada knalpot dikarenakan oleh beberapa unsur seperti pembakaran yang kurang prima, busi yang tidak pas, busi tidak wajar gunakan, setingan atau permasalahan pada karburator, pemasangan knalpot yang kurang rapi, settingan yang kurang cocok.

Permasalahan knalpot semacam ini terkadang seringkali membuat kita tidak nyaman waktu berkendara, saya pernah terkejut waktu alami permasalahan itu, serta waktu ada pengendara lain yang knalpotnya alami permasalahan nembak-nembak ini saya terkejut,hehe. Coba pikirkan jika orang yang yang menyopir latah atau kagetan waktu mendengarnya kan dapat bahaya.

Saya pernah mengulas tentang pemicu knalpot “nembak” pada posting awalnya, bila ingin rekan-rekan dapat membaca untuk tahu sebabnya, tetapi kesempatan ini saya akan mengulas mengenai langkah menangani knalpot “nembak” yang dapat jadi rujukan rekan-rekan.
Langkah Menangani atau Hilangkan Suara Knalpot Nembak

Cek karburator

Karburator adalah salah satunya pemicu permasalahan, umumnya pada pilot screw / setelan angin karburator, bila anda dapat menyetelnya sendiri coba setel supaya sesuai dengan motor anda, dapat 2,5 sampai 3 putaran penuh, bila belum mendapatkan setelan yang cocok, rekan-rekan dapat cari sendiri, atau bila bingung bawa serta saja kendaraan ke bengkel yang telah paling dipercaya agar lebih memberikan keyakinan.

Cek busi

Spare parts lain yang pantas diduga ialah busi motor anda, apalagi bila busi yang rekan-rekan gunakan telah lebih dari 6000 km, bentuk busi ini kecil tapi benar-benar penting pada kendaran karena itu jangan ragu-ragu untuk mengubah busi anda bila di rasa tidak wajar untuk digunakan.

Filter udara

Setelah itu filter udara, bila filter udara rusak karena itu proses pembakaran mesin akan terusik sebab dalam proses pembakaran memerlukan suplai udara yang ideal, udara itu sebelum masuk ruangan bakar akan disaring oleh filter supaya kurangi partikel debu yang bisa menggangu dalam proses pembakaran.

Perlu untuk diketahui, filter udara umumnya ditukar bila telah 15.000 km jika punyai rekan-rekan telah lebih dari itu, saya anjurkan supaya ditukar saja, tapi bila di rasa masih baru serta keadaannya masih lumayan baik anda dapat membersihkannya saja. Spesial untuk beberapa type motor ada yang tidak disarankan untuk dibikin bersih serta dipakai kembali, tetapi harus ditukar baru, karena itu semestinya lihat buku tips atau tanyakanlah pada mekanik bengkel.

Selang bahan bakar

Hal-hal lain yang bisa mengganggu proses pembakaran ialah selang bahan bakar dari tangki sampai ke arah ke mesin, jangan pernah rusak atau bocor.

Knalpot

Suara yang memiliki masalah kan di knalpot, bisa saja knalpot rekan-rekan yang memiliki masalah, entahlah itu pemasangan yang kurang rapi, ada kebocoran, atau serta knalpot yang tidak wajar gunakan.

Bawa serta ke bengkel

Bila telah bingung tidak tahu harus diapakan, bawa serta saja ke bengkel, beres kan?hehe dapat sekaligus konsultasi ke mas montir.

Itu 6 panduan langkah menangani suara knalpot yang nembak mudah-mudahan berguna buat rekan-rekan, bila ada teman dekat kalian yang memiliki permasalahan semacam ini serta seringkali buat terkejut dapat diberi tahu atau di sharing ke teman dekat anda itu.

No comments